pinjaman bank bri jaminan sertifikat rumah

Kenali Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah dan Jenisnya

Posted on 107 views

Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah – Bank Rakyat Indonesia atau BRI selalu menjadi mitra rakyat dalam memberikan kredit pinjaman untuk permodalan dengan memberikan plafon kredit yang diberikan oleh BRI terbilang cukup besar. Itulah sebabnya, banyak pelaku usaha yang mengajukan kredit pinjaman ke bank tersebut. Termasuk diantaranya mengajukan pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah.

Kenali Produk Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

pinjaman bank bri jaminan sertifikat rumah

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah. Salah satunya adalah mengenali produk pinjaman yang diberikan oleh bank tersebut. Sebagaimana kita tahu, BRI memiliki beberapa jenis produk pinjaman. Tentunya dalam setiap produk tersebut berbeda-beda mengenai ketentuan dan syaratnya.

Menjaminkan sertifikat rumah untuk melakukan pinjaman adalah hal yang riskan. Pasalnya, jika di pertengahan kredit tidak sanggup untuk melunasi atau membayar cicilan, maka rumah yang menjadi jaminan tersebut akan disita oleh pihak bank. Terlebih, jika rumah tersebut merupakan rumah pribadi yang menjadi tempat tinggal sehari-hari. Maka dari itu harus mengenali produk kredit pinjaman yang diajukan.

Mengenali produk tersebut meliputi besaran bunga yang dibebankan, syarat dan prosedur pengajuan kredit. Dengan demikian, pemohon memahami¬† ‘aturan main’ masing-masing produk tersebut. Termasuk diantaranya apabila di kemudian hari mengalami kendala terkait kredit yang diajukan atau ketidak sanggupan membayar pinjaman tersebut, maka pemohon bisa melakukan hal-hal terbaik.

Rumah Milik Pribadi dan Bersertifikat Hak Milik

Rumah pribadi yang menjadi jaminan tersebut harus sudah memiliki sertifikat hak milik. Hal tersebut tidak hanya memberikan keuntungan kepada pihak bank saja tetapi juga kepada pemohon yang mengajukan pinjaman dana. SHM lebih bernilai daripada hanya sekedar surat tanah atau bukti kepemilikan rumah. Dengan demikian, rumah tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

Walaupun BRI memberikan aturan khusus mengenai kepemilikan rumah yang akan dijaminkan, yaitu harus rumah milik pribadi namun ternyata masih ada saja pemohon yang mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah milik orang lain atau saudara dan juga orang tua. Hal tersebut sangat berisiko karena dapat membuat masalah di kemudian hari.

Maka dari itu, bila ingin mengajukan pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah harus menggunakan rumah pribadi atas nama pribadi serta memiliki sertifikat hak milik. Pasalnya, rumah pribadi lebih minim akan risiko terjerat masalah di kemudian hari terkait dengan keterlambatan pembayaran. Rumah pribadi pun harus bersertifikat hak milik agar memiliki nilai jual yang tinggi.

Produk-produk Pinjaman BRI dengan Jaminan Sertifikat Rumah

money 2387090 1280

Menjaminkan sertifikat rumah untuk mengajukan pinjaman ke BRI memang cukup riskan, namun juga tergolong aman. Berikut beberapa produk pinjaman dari BRI yang bisa menggunakan jaminan sertifikat rumah:

1. KUPEDES

Salah satu produk pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah adalah Kupedes. Kupedes merupakan singkatan dari Kredit Usaha Pedesaan, untuk menunjang usaha mikro di pedesaan agar lebih maju. Fasilitas kredit ini meliputi berbagai sektor dengan membolehkan untuk menyerahkan jaminan berupa sertifikat rumah.

2. KUR

Kredit Usaha Rakyat ini terdiri dari tiga jenis, yaitu KUR Retail, KUR Mikro, dan KUR TKI. Walaupun pada pelaksanaannya, lebih difokuskan untuk membiayai usaha kerakyatan yang telah berjalan selama kurang lebih 6 bulan. Plafon kredit yang diberikan bisa mencapai Rp500 juta, dengan jaminan sertifikat rumah.

3. KPR dan KPRS

Produk kredit lainnya dengan jaminan sertifikat rumah dari BRI adalah KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan KPRS (Kredit Pemilikan Rumah Subsidi), kedua jenis kredit ini Akan menyimpan atau menjamin sertifikat rumah yang dikreditkan, dan akan diserahkan ketika hutang piutang sudah selesai.

4. Kredit Modal Kerja

Pinjaman ini dikhususkan untuk pembelian persediaan barang, modal usaha, dan pembayaran gaji karyawan oleh para pengusaha. Pihak BRI akan menganalisa kapasitas usaha tersebut. Apabila diperlukan modal yang lebih besar, maka pihak bank akan meminta jaminan sertifikat rumah pemohon.

5. Kredit Investasi

Sebagai bagian dari KUR BRI, Kredit investasi dari BRI pun membolehkan untuk menyerahkan jaminan berupa sertifikat rumah apabila ingin mendapatkan plafon kredit dalam jumlah besar. Kredit ini diperuntukan khusus untuk rakyat yang membutuhkan permodalan untuk mengembangkan usahanya dari usaha yang telah berjalan.