Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Kenali tentang Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB, Manfaat, dan Syaratnya

Posted on 46 views

Sebagai lembaga yang menghimpun dana masyarakat, dan menyalurkannya untuk masyarakat, bank BRI memfasilitasi nasabahnya untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB. Pinjaman bank BRI jaminan BPKB menjadi sebuah solusi untuk para nasabah yang ingin mendapatkan pinjaman dana tunai tetapi masih bisa memanfaatkan kendaraannya untuk digunakan , terutama digunakan untuk kepentingan usaha. Baca juga Ketahuilah Besaran Bunga Pinjaman Bank Mandiri pada Masing-masing Produknya

Berapa Plafon Kredit Pinjaman dengan Jaminan BPKB di Bank BRI?

contract 945619 640

Pihak bank BRI akan menilai kapasitas usaha berdasarkan omset penjualan, kebutuhan modal kerja, dan investasi. Oleh sebab itu, sekalipun kendaraan yang dijaminkan memiliki harga OTR di bawah jumlah modal yang dibutuhkan, bank BRI akan memberikan pinjaman sesuai dengan dana yang akan digunakan untuk kepentingan pengembangan usaha.

Berbeda dengan pembiayaan dari lembaga non bank, yang akan memberikan plafon kredit sesuai dengan harga OTR (on the record) kendaraan yang dijaminkan. Contohnya, nasabah memiliki motor seharga Rp10.000.000 maka akan diberikan pinjaman hanya sekitar Rp8.500.000, jika diajukan kepada lembaga pembiayaan non bank.

Masih dalam contoh kasus di atas, nasabah tersebut memiliki omzet penjualan dari usahanya sekitar Rp200.000.000 per tahun dan butuh modal kerja kurang lebih sekitar Rp35.000.000. Apabila nasabah tersebut mengajukan pinjaman kepada bank BRI, dengan jaminan motor seharga Rp10.000.000, nasabah tersebut akan diberikan kesempatan menerima plafon kredit di atas harga motor yang dijaminkannya.

Manfaat Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

finance 4858797 640

Bagi para pelaku bisnis, lebih memilih pengajuan pinjaman di bank BRI dengan jaminan BPKB kendaraan karena akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Plafon Kredit Lebih Besar

Manfaat yang pertama dari pinjaman bank BRI jaminan BPKB adalah mendapatkan plafon kredit yang lebih besar. Terlebih, jika kredit tersebut digunakan untuk kepentingan modal usaha. Peluang untuk mendapatkan limit kredit lebih besar apabila pinjaman yang diajukan dengan jaminan BPKB tersebut untuk kepentingan usaha.

2. Hanya Memerlukan BPKB Sebagai Jaminan

Manfaat lainnya dari pengajuan pinjaman bank BRI jaminan BPKB adalah BPKB yang akan dijadikan sebagai jaminan selama masa kredit. Adapun untuk kendaraan dan STNK hanya harus diperlihatkan pada saat awal pengajuan saja.

3. Kendaraan dan STNK Masih Dapat Digunakan

Setelah diperlihatkan sebagai bukti pada pihak bank BRI, kendaraan bisa dibawa pulang kembali beserta dengan STNK nya. Sehingga dapat dipergunakan seperti biasanya. Terlebih, jika kendaraan tersebut digunakan sebagai alat angkut komoditi bisnis, tentunya tidak akan menghalangi aktivitas bisnis tersebut.

4. Proses Pengajuan Lebih Cepat

Jaminan BPKB merupakan jaminan yang produktif. Maka dari itu, bukanlah hal yang sulit bagi pemohon untuk mendapatkan persetujuan atas permohonan pinjaman yang diajukan. Pihak bank pun lebih cepat menganalisa guna mempercepat proses pencairan dana pinjaman yang diajukan.

5. Kendaraan Lebih Produktif

Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya, pinjaman yang dilakukan dengan menjaminkan BPKB membuat kendaraan tersebut lebih produktif. Khususnya, untuk kendaraan yang digunakan untuk kepentingan usaha. Usaha tersebut masih bisa digunakan untuk aktivitas bisnis, di samping dapat menghasilkan kebutuhan permodalan.

Syarat Pengajuan

Adapun untuk syarat pengajuan pinjaman bank BRI jaminan BPKB terdiri dari persyaratan mandatory dan persyaratan penunjang. Syarat mandatori atau biasa disebut dengan syarat utama untuk pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB, yaitu harus ada BPKB kendaraan yang dijaminkan, serta surat pernyataan bahwa kendaraan tidak dijaminkan di tempat lain. serta KTP pemohon, dan KK.

Syarat penunjang yaitu bukti kepemilikan rumah, surat izin usaha dengan faktur bukti transaksi atas usaha yang dilakukan. Syarat penunjang ini wajib dilengkapi untuk kebutuhan analisa kredit yang akurat. Dengan demikian, permohonan pinjaman tersebut bisa langsung segera disetujui. Pihak bank BRI pun akan meminta beberapa foto usaha, yang sedang dilakukan.

Apabila ingin mendapatkan plafon kredit melebihi dari nilai kendaraan yang dijaminkan, sebaiknya pengajuan tersebut digunakan untuk kepentingan usaha. Itulah sebabnya, pihak bank akan meminta surat keterangan usaha dari nasabah. Bank BRI pun akan memberikan plafon kredit senilai dengan harga kendaraan yang dijaminkan apabila pinjaman yang diajukan untuk kepentingan konsumsi.